Selamat Datang di Website Kami Info Jihad Internasinal

Donasi Untuk Keluarga Mujahid

Minggu, 05 Agustus 2012

Pelarangan hijab di sekolah Filipina masih menggulirkan kontroversi

Pelarangan hijab di sekolah Filipina masih menggulirkan kontroversi

Hanin Mazaya

Senin, 6 Agustus 2012 06:35:39

MANILA (Arrahmah.com) - Sebuah sekolah yang dikelola Katolik di Filipina selatan telah menyebabkan kontroversi setelah melarang siswi Muslim mengenakan kerudung.

Mehol sadain, yang memimpin Komisi Nasional Muslim Filipina mengatakan pada Minggu (5/8/2012) ia telah menulis ke Pilar College di kota pelabuhan Zamboanga untuk menuntut membalikkan kebijakannya.

"Pilar College harus menyadari bahwa sementara lembaga pendidikan dapat merumuskan kebijakan mereka sendiri,  seharusnya tidak bertentangan dengan hukum dan kebijakan negara," ujar Sadain.

Keluhan telah mencapai dewan kota setempat, yang meminta sekolah untuk menjawab tuduhan tersebut. 

Sekolah ini diyakini menjadi yang pertama di Filipina yang menegakkan larangan langsung penggunaan kerudung.

Sadain mencatat bahwa kebiakan departemen pendidikan menyatakan bahwa siswi Muslim diizinkan untuk memakai penutup kepala mereka di sekolah dan dibebaskan dari ritual keagamaan non-Muslim.

Tapi sekolah yang dikelola oleh Kongregasi Agama Perawan Maria mengatakan dalam suratnya kepada dewan bahwa hal itu tidak "menyimpang" dari kecenderungan Katolik nya.

"Aturan dan peraturan menjelaskan kepada mereka, terutama tidak mengenakan cadar dan jilbab," ujar skolah.

"Ini adalah bagian dari kebebasan akademik sehubungan dengan sekolah yang memiliki hak untuk memilih siapa yang harus diajar," lanjutnya.

Tidak jelas berapa persen siswa di sekolah tersebut yang Muslim.  Departemen Pendidikan di Manila tidak bersedia untuk berkomentar.

Lebih dari 80 persen penduduk Filipina adalah Katolik, sementara Muslim menjadi minoritas di negara tersebut dan hidup di wilayah selatan.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca Juga:
  • Larangan pemakaian jilbab bagi siswi Muslimah membuat marah Muslim Filipina
Sumber : Arrahmah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar