Selamat Datang di Website Kami Info Jihad Internasinal

Donasi Untuk Keluarga Mujahid

Jumat, 28 Mei 2010

Muslim Irlandia Protes Pelarangan Niqob Yang Terjadi di Belgia

DUBLIN - Sekelompok kecil Muslim mengadakan demonstrasi di luar kedutaan Belgia di Dublin pada akhir pekan kemarin sebagai protes atas langkah parlemen Belgia yang melarang masyarakat memakai jilbab dengan cadar atau penutup wajah.

Majelis rendah parlemen Belgia baru-baru ini memberikan suara mendukung rancangan undang-undang yang, sementara tidak secara khusus melarang burqa dan niqab, tapi akan melarang memakai pakaian jenis tersebut dengan menjatuhkan denda bagi mereka yang berada di depan publik umum dengan wajah tersembunyi atau tertutupi.

Kurang dari 50 orang Muslim ambil bagian dalam protes di luar kedutaan di Ballsbridge. Muslim dari negara-negara termasuk Mesir, Libya, Irak, Somalia, Pakistan, Uzbekistan dan Turki turut berpartisipasi. Ada juga beberapa mualaf Islam di Irlandia yang hadir, subhanallah.

Di antara yang berbicara dalam acara protese tersebut adalah Yahya Al-Hussein, imam masjid South Circular Road; Ali Selim, seorang teolog  di Islamic Cultural Centre di Clonskeagh; dan Liam Egan, seorang mualaf Irlandia yang permintaan putrinya untuk memakai hijab - atau jilbab - pada sekolah Wexford Co ditolak, ia meminta panduan resmi mengenai pemakaian jilbab di sekolah-sekolah Negara.

Al-Hussein mengatakan kepada pengunjuk rasa bahwa Belgia telah "mengkhianati nilai-nilai sendiri tentang kebebasan dan toleransi".

"Tidak ada pembenaran untuk melarang perempuan Muslim dari mengenakan apa yang mereka inginkan."

Demonstran membawa plakat dengan slogan-slogan seperti "perang salib Eropa melawan" Islam, "fanatik Eropa" dan "Tidak untuk ekstremisme sekuler".

Sekitar 10 muslim wanita menghadiri demonstrasi tersebut. Salah satu pengunjuk rasa, Najad Sanoussi, menjelaskan bahwa dia telah memakai niqab sejak menyelesaikan gelar insinyur di Libya.

Sanoussi (48) pindah ke Irlandia bersama keluarganya tiga tahun lalu. "Saya hadir di sini untuk memberikan suara saya, karena saya khawatir kami dapat melihat adanya larangan niqab di Irlandia di masa depan. Saya ingin dapat mempraktekkan agama saya secara bebas. "

Samiya Mooge, seorang remaja, yang keluarganya pindah ke Irlandia dari Somalia, mengatakan dia memakai niqab hanya ketika dia pergi ke Somalia.

"Sebuah larangan berarti diskriminasi. Orang-orang khawatir apa yang sekarang terjadi di Belgia, tetapi negara mana lagi selanjutnya? "

Samiya Mooge dan temannya Noor Al-Omari, keduanya memakai jilbab, mereka mengatakan telah mengalami banyak reaksi negatif ketika mengenakan jilbab di depan umum di Irlandia.

Eoin Whelan (21), seorang mahasiswa arsitektur yang masuk Islam di usia remaja, mengatakan upaya untuk melarang niqab adalah tidak adil.

Seorang pengunjuk rasa asal Turki, yang tidak mau menyebutkan namanya, setuju. "Istri saya adalah orang Irlandia dan Katolik dan kami saling menghormati satu sama lain walaupun ada perbedaan itu. Itulah apa yang penting - hormat. Perempuan muslim harus memiliki hak untuk memakai apa yang mereka inginkan. "

Michael Nugent kelompok advokasi Ateis Irlandia hadir untuk mengamati protes dan terlibat dalam diskusi dengan beberapa peserta.

Dia mengatakan dia merasakan "perasaan campur aduk" tentang gerakan untuk melarang cadar ini, ia mencatat bahwa itu adalah masalah "rumit" dengan unsur-unsur yang berbeda dalam perdebatan.
Para Muslim Irlandia yang jumlahnya sedikit ini prihatin dengan yang terjadi terhadap saudara muslimnya di Belgia. Mereka melayangkan protes atas larangan tersebut. Tapi kenapa umat muslim Indonesia adem-adem saja dengan yang menimpa saudari-saudari mereka di Belgia? Katanya sesama muslim itu bersaudara?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar