Selamat Datang di Website Kami Info Jihad Internasinal

Donasi Untuk Keluarga Mujahid

Senin, 15 Maret 2010

Info Jihad | Taliban: Bom Kandahar adalah Peringatan Bagi Petinggi NATO


Kandahar, Afghanistan - Taliban pada hari Ahad (14/03) menyebut serangan bom mematikan mereka di selatan kota Kandahar merupakan peringatan kepada jenderal tertinggi NATO bahwa para pejuang Taliban siap untuk perang besar berikutnya di jantung pertahanan mereka.


Serangkaian pemboman yang menghancurkan bangunan dan menewaskan puluhan - termasuk 10 orang di sebuah pernikahan - menyarankan gubernur provinsi untuk memohon keamanan lebih di daerah tersebut. Warga yang takut mengatakan mereka tidak punya keyakinan bahwa baik pemerintah atau pasukan asing dapat melindungi mereka.

Jurubicara Taliban Qari Yousef Ahmadi mengatakan serangan Sabtu (13/03) malam membuktikan para pejuang Taliban masih dapat beroperasi meskipun penumpukan pasukan Afghanistan dan internasional dalam persiapan untuk menekan ke propinsi Kandahar.

Sebuah situs Web yang dihububgkan dengan Taliban menyebut serangan di kota terbesar di selatan sebagai sebuah "peringatan" untuk Jenderal NATO Stanley McChrystal, yang mengatakan pasukan koalisi akan menargetkan Kandahar akhir tahun ini setelah mengklaim berhasil membasmi para pejuang Taliban di markas kunci mereka di provinsi tetangga Helmand.
..Jenderal McChrystal telah mengatakan bahwa tak lama lagi mereka akan memulai operasi mereka, dan sekarang kita sudah mulai operasi kami..
"Jenderal McChrystal telah mengatakan bahwa tak lama lagi mereka akan memulai operasi mereka, dan sekarang kita sudah mulai operasi kami," Ahmadi kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara telepon. "Dengan semua persiapan yang telah mereka lakukan, tetap saja mereka tidak mampu menghentikan kami."

Namun, jurubicara Kementerian Dalam Negeri  Zemeri Bashary mengatakan serangan tersebut gagal mencapai tujuan utama mereka, yang menurutnya dilakukan untuk mengulangi kesuksesan bom bunuh diri di gerbang penjara tahun 2008 yang membebaskan ratusan tersangka penjahat dan para pejuang Taliban. Tentara Kanada baru-baru ini memperkuat blok penjara dengan semen, sehingga ledakan hari Sabtu itu tidak menembus dan tidak ada narapidana melarikan diri kali ini.

"Mereka ingin membebaskan para tahanan ... tetapi mereka gagal dalam misi mereka," kata Bashary.

Ledakan ganda - setidaknya ada lima ledakan, empat di antaranya serangan bunuh diri - menewaskan sedikitnya 35 orang, menurut Kementerian Dalam Negeri. 57 lainnya terluka dalam serangan yang menghantam penjara kota, kantor polisi, sebelah aula pernikahan dan daerah-daerah lain di jalan-jalan menuju penjara.

Gubernur provinsi Kandahar Tooryalai Wesa mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah meminta pemerintah pusat di Kabul untuk menambah lebih banyak pasukan Afghanistan untuk melindungi kota yang merupakan tempat kelahiran Taliban ini. Dia juga mengatakan dia ingin untuk berkoordinasi dengan pasukan NATO untuk meningkatkan keamanan.
..Mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan, dan pemerintah tidak dapat mengendalikan situasi
Bashary mengatakan pemerintah tengah mempertimbangkan permintaan Wesa.

Kota Kandahar, yang penduduk 800.000, merupakan pusat pemerintahan bagi Taliban ketika mereka menguasai Afghanistan,  sebelum digulingkan oleh pasukan yang didukung AS pada tahun 2001.

Provinsi dengan nama yang sama merupakan basis dari pejuang Taliban, dan mereka mengontrol sebagian besar desa-desa di sekitar kota. Para warga mengatakan bahwa Taliban juga dapat beroperasi dengan bebas di kota Kandahar.

"Mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan, dan pemerintah tidak dapat mengendalikan situasi," kata Javed Ahmad, 40, dari Kandahar. "Kami tidak merasa aman di hadapan semua kekuatan di Afghanistan, dan itu buruk bagi kita untuk hidup dalam situasi seperti ini. Kita tidak merasa aman bahkan di rumah, dan kita tidak dapat berjalan-jalan."

Di antara yang tewas adalah 13 polisi dan 22 warga sipil, termasuk enam perempuan dan tiga anak-anak, kata kementerian dalam negeri. Sebagian besar korban terjadi di kantor polisi dan di aula pernikahan.
"Tadi malam itu seperti kiamat untuk semua orang Kandahar," kata Muhammad Anwar, 30 tahun penjaga toko, yang relatif kehilangan seorang putra dalam serangan. Dia mengatakan penduduk menyalahkan Amerika Serikat dan pasukan internasional karena tidak cukup kuat untuk memerangi para pejuang.

Sumber : voa-Islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar